Saturday, July 15, 2017

#NHW7 Belajar Menjadi Ibu Produktif

Tulisan ini adalah hasil dari refleksi diri penulis dan didedikasikan untuk memenuhi nice homework Kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch #4

Minggu ini kami mulai belajar tentang menjadi bunda produktif. Bagaimana caranya agar bisa tetap berdaya dan berkreasi sesuai dengan minat kita, di saat menjalankan peran sebagai seorang ibu dan istri. Sungguh amat sangat relate dengan kegalauan saya ketika memilih untuk stay di rumah pasca melahirkan. Dulu, saat memilih hal tersebut, saya mungkin tidak terlalu jauh memikirkan tentang hal apa yang akan saya kerjakan/kreasikan sembari mendahulukan kewajiban saya sebagai istri dan ibu. Yang ada di bayangan saya, yah saya punya lebih banyak waktu untuk menjalani hobi saya, yaitu menulis dan membaca. Tapi, pada kenyataannya sulit sodara-sodara... Saya sempat merasa bosan dan stress sendiri karena harus mengerjakan hal yang itu-itu saja di rumah, yang bisa jadi bukan sepenuhnya hal yang saya sukai.Manajemen waktu yang kurang baik dan proses adaptasi dengan peran yang baru membuat saya merasa ada yang kurang. (wow, terus saya baru menyadari, kalau ini persis sama apa yang saya tuliskan di NHW #1). So, menurut saya, ini penting banget bagi siapapun yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga, untuk memikirkan rencana atau kegiatan apa yang bisa dilakukan to keep ourselves being passionate about this life. Untuk menjaga binar yang ada di mata kita. Sampai saat ini pun, jujur, saya masih mencari-cari sebenarnya "misi penciptaan"saya apa sih dan beruntung sekali bisa ikut dalam kelas ini karena perlahan-lahan saya merasa menemukan apa yang selama ini saya cari.

Tugas kali ini, kami diminta untuk melakukan tes bakat sederhana untuk membantu kita mendapat gambaran kekuatan yang ada di dalam diri kita. Berikut adalah hasilnya:


Sebelum memutuskan untuk resign, saya pernah bekerja di bidang yang saya senangi yaitu dibidang marketing research dan human resource development. Saya sangat menikmati mengerjakan kedua hal tersebut. Melakukan penelitian dan melakukan analisis jabatan, mewawancarai orang adalah salah satu hal yang membuat saya bersemangat. Ini bisa menjelaskan mungkin ya kenapa di sini potensi kekuatan saya ada di SLC, EVA. Saat ini, saya masih ingin mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut dengan merencanakan melanjutkan sekolah lagi Educational Leadership/ Organizational Psychology. Saya ingin membagi lebih banyak manfaat untuk orang lain dan keluarga sendiri dengan menguasai ilmu tersebut.

Latar belakang berkuliah di psikologi, sedikit banyak mengenalkan saya pada isu-isu yang terkait dengan kesehatan mental dan membantu saya dalam hal memahami manusia. Boleh dibilang, saya adalah orang yang cukup mudah merasakan apa yang dirasakan orang lain, garis miring, gampang tersentuh. Seperti yang disebut kekuatan saya adalah CAR. 

Belakangan ini, saya lagi senang banget berjualan. Atau mungkin lebih tepatnya, melayani orang yang membeli di dagangan saya. Rasanya ada kesenangan tersendiri ketika ada orang yang tertarik dengan jasa atau barang yang kita beli. Meskipun, saya merasa masih banyak harus belajar dalam hal marketing. Saya juga ingat waktu bekerja dulu, saya senang sekali ketika harus berkorespondensi dengan klien ataupun calon pegawai. Hal ini menggambarkan salah satu kekuatan saya yaitu SER dan COM.

Salah satu hal yang saya lakukan saat sedang me-time adalah blogging. Biasanya yang saya tulis tidak jauh-jauh dari dunia ibu-anak dan pengalaman saya lainnya. Rasanya happy banget kalau bisa menyelesaikan tulisan dan membagikannya ke orang lain untuk dibaca. Menulis buat saya juga merupakan terapi untuk menghilangkan rasa suntuk dan bosan. Sebelumnya, saya pernah belajar pula tentang menulis fiksi yang menurut saya sangat menarik, namun sayangnya kegiatan lain membuat saya kurang konsisten dalam menjalani hobi tersebut. Ini tergambarkan dari salah satu kekuatan saya dari tes temu bakat ini, yaitu CRE dan JOU.

Di bawah ini adalah kuadran aktivitas menurut saya.... Hahahah, banyak bener yang mau dilakukan tapi sebenernya merasa nggak bisa. 

Aktivitas
Suka
Tidak Suka
Bisa
      Menulis pengalaman pribadi (review/sharing) di blog/Instagram

     Membaca buku

     Jualan/Melayani konsumen

     Melakukan pekerjaan analitis (penelitian/analisis jabatan)

     Melakukan personal interview

      Mencuci piring

      Menyetrika

      Mengepel


Tidak Bisa
      Menulis fiksi/puisi (saya merasa belum mampu menghasilkan yang menarik dan belum bisa konsisten)

      Memasak (enjoy, tapi kemampuan sangat terbatas)

      Mengedit video (suka kalau ada waktu senggang, tapi masih sangat amat minim kemampuannya)

      Desain grafis (Pengen bisa!)

Ilmu bisnis & marketing (Pengen bisa juga!)


-    Memperbaiki barang elektronik yang rusak




Menyenangkan banget ya, bikin tugas ini, jadi sadar kelebihan dan kekurangan diri. Jadi makin terarah dan mengetahui potensi saya ada dimana. Mudah-mudahan semakin memantapkan langkah saya untuk bisa jadi ibu yang produktif, yang bisa memberi manfaat ke keluarga dan orang lain :)

Salam, 
Sawitri Wening

No comments:

Post a Comment